Jumat, 29 April 2011

cara pengolahan limbah gedebog pisang


pernak-pernik cantik dari limbah daun dan pelepah pisang
  Dalam kehidupan dimasyarakat kadang banyak sekali hal yang dapat menyusahkan bahkan menyusahkan mereka. Diantaranya adalah limbah yang juga bisa timbul dari masyarakat itu sendiri. Dapat sekali limbah yang dapat kita ambil cintoh,misalnya:
1. Limbah pertanian/perkebunan
2.Limbah peternakan 
3.Limbah industri
4.Limbah rumah tangga
5.Dll.
  Disini saya akan menjelaskan tentang limbah pertanian/perkebunan. Salah satunya adalah pohon pisang,selain buahnya yang dapat kita makan, limbah pohon pisang juga dapat kita manfaatkan,contohnya daun dan pelepah pisang dll.
  Kita dapat menyulap limbah daun dan pelepah pisang menjadi barang yang bermanfaat dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  Limbah daun dan pelepah pisang banyak kita temui dimana-mana. Bahkan kita sering memandangnya hanya sebagai sampah yang tidak berguna. Dan sering juga kita menbakar limbah ini,sehingga menimbulkan limbah baru seperti polusi dan dapat mengakibatkan pemanasan global. Maka dari itu kita harus berfikir kreatif dan peduli terhadap limbah-lambah tersebut. Kita harus mampu mengilah limbah tersebut menjadi barang yang dapat digunakan dan memiliki nilai ekonomis.
  Dari limbah yang adapada masyarakat,disini saya mulai berfikir bagaimana cara mengolah limbah tersebut.  Dan akhirnya saya dapat mnemikan cara untuk dapat mengolah limbah tersebut menjadi barang-barang yang bermanfaat, contoh:
@ Bunga
@ Kotak tishu
@ Pigora dll.
  Yang akan saya jelaskan disini adalah cara membuat kotak tishu. 
__KOTAK TISHU__
@ Alat dan bahan
     - kardus kecil
     - pelepah pisang
     - lem
     - gunting
     - silet dan
     - pensil
@ Cara membuat
     1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
     2. Gambar pola pada pelepah pisang
     3. Gunting pola
     4. Tempelkan potongan pola dengan lem pada kardus yang telah disiapkan
     5.  Apabila kardus sudah ditempeli, beri lubang pada bagian atasnya dengan silet
     6. Keringkan kardus yang telah ditempeli pola
     7. Kotak tishu cantik siap digunakan
--------------------------Selamat Mencoba----------------------------------------------------
  Demikian sedikit penjelasan saya tantang pemanfaatan limbah daun dan pelepah pisang. "Gunakan dan kembangkan daya kreatifitas kamu untuk menciptakan suatu hal-hal yang baru, karena denan berfikir kreatif kitaakan terus dapat berkarya dan menjadi orang yang mampu hidup mandiri.
***selamat berkarya***
             

Tidak ada komentar: